Rabu, 06 April 2011

Kegiatan Peserta Didik

Kegiatan ekstrakurikuler (biasa disingkat sebagai "ekskul") merupakan kegiatan penunjang kegiatan intrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler berlangsung di luar dari jam belajar dan umumnya berlangsung setelah jam pelajaran telah usai (setelah pukul 14.15).
Terdapat beberapa syarat yang mendasari pembentukan ekstrakurikuler yaitu:

  • Adanya pembina atau pembimbing dalam ekstrakurikuler tersebut.
Umumnya pembina atau pembimbing adalah guru di sekolah yang bersangkutan.
  • Memiliki sejumlah anggota
Kegiatan ekstrakurikuler harus memiliki anggota yang cukup agar dapat menjalankan kegiatannya dengan baik. Jumlah anggota ini berbeda untuk setiap kegiatan ekstrakurikuler tergantung pada besarnya kegiatan tersebut
  • Disetujui oleh sekolah
Dalam hal ini, disetujui oleh Kepala Sekolah dan guru-guru
Secara garis besar kegiatan ekstrakurikuler mempunyai 3 (tiga) tujuan dasar sebagai berikut :
1.    Pembinaan Minat dan Bakat Siswa
Kegiatan Ekstrakurikuler diharapkan dapat membina dan mengembangkan minat yang ada pada siswa serta memupuk bakat yang dimiliki siswa. 
2.    Sebagai Wadah di Sekolah
Dengan aktifnya siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, secara otomatis siswa telah membentuk wadah-wadah kecil yang di dalamnya akan terjalin komunikasi antar anggotanya dan sekaligus dapat belajar dalam mengorganisir setiap aktivitas kegiatan ekstrakurikuler. 
3.    Pencapaian Prestasi yang Optimal 
Beberapa cabang ekstrakurikuler baik secara perorangan maupun kelompok diharapkan dapat meraih prestasi yang optimal, baik di lingkungan sekolah maupun  di luar sekolah. 
Kegiatan Ekstrakurikuler yang diadakan di SD Negeri Tidar 5 disesuaikan dengan kondisi dari lingkungan sekolah. SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang terletak di perbatasan antara Kota Magelang dengan Kabupaten Magelang. Karena letaknya yang seperti ini maka terjadi percampuran kebiasaan dan budaya antara penduduk Kota Magelang dan Kabupaten Magelang.
Walaupun pada dasarnya tidaklah jauh terjadi perbedaan akan tetapi budaya atau kesenian yang ada di Kabupaten Magelang berpengaruh di SD N Tidar 5 Kota Magelang. Kegiatan ini dilakoni oleh 20 anak SD N Tidar 5 Kota Magelang. Antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan ini sangatlah tinggi. Terbukti selama anak-anak melaksanakan latihan tari dayakan ini semangat anak-anak tidaklah berkurang.
Inilah kelebihan anak-anak SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang. Jiwa seni mereka sangatlah kental.
Salah satu kegiatan kesenian Kabupaten Magelang yang berpengaruh di SD Negeri Tidar 5 adalah kesenian Dayakan. Kesenian dayakan ini dimainkan oleh para peserta didik di SD Negeri Tidar.
Para siswa menarikan tari dayakan ini sebagai wujud kegembiraan mereka atas lulusnya kakak-kakak mereka dengan nilai yang memuaskan.
Mereka ungkapkan kegembiraan ini dengan menarikan tarian dayakan ini. Mereka sangat menghargai keberhasilan kakak-kakak mereka yang telah belajar di SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang selama 6 tahun. Para penari dayakan ini terdiri dari siswa kelas 2 sampai dengan kelas 6. Tarian ini disajikan saat anak-anak kelas 6 diwisuda sebagai lulusan SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang.  
Disamping kegiatan kesenian dayakan ini SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang juga eksis di bidang seni yang lain. Salah satu seni itu adalah seni musik. Anak-anak SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang telah dengan percaya diri menampilkan diri dalam acara AKSI "Apresiasi Karya Seni Siswa" SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang.
Dimana dalam kegiatan AKSI ini merupakan satu rangkaian dengan kegiatan pelepasan/wisuda siswa kelas VI SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang tahun pelajaran 2009/2010.
Siswa-siswa ini dengan modal inisiatif mereka sendiri dengan bermodal percaya diri mereka melatih diri mereka sendiri dalam memainkan alat musik.  Mereka berlatih tanpa dibantu oleh para guru. Guru hanya mendampingi mereka selama mereka mengadakan latihan dan hanya sebatas mengarahkan serta memberikan masukkan kepada mereka agar mereka dapat menampilkan yang terbaik pada acara tersebut.
Kepiawaian mereka dalam memainkan alat musik melantunkan lagu Garuda di dadaku, Laskar Pelangi, Pankrok Jalanan, D'massive sangat memukau para tamu undangan yang hadir pada saat perhelatan acara tersebut digelar. 
Ekstrakurikuler "Marcing Band" SD Negeri Tidar 5 yang baru sekitar 1 bulan dibentuk sudah berani tampil dalam acara pelepasan/wisuda siswa kelas VI SD Negeri Tidar 5 tahun pelajaran 2009/2010, walaupun dengan seragam seadanya pada saat itu, karena semangat para personil "Marcing Band" SD Negeri Tidar 5 yang sangat antusias untuk dapat tampil maksimal, semangat mereka membuahkan hasil yang cukup memuaskan para tamu yang hadir dalam acara tersebut.  Pelapasan/wisuda siswa siswi SDN Tidar 5 tahun pelajaran  2009/2010 dilaksanakan secara tertib dan khikmat. Para siswa siswi mengenakan pakaian wisuda dilengkapi dengan toga, memberikan semangat dan rasa bangga bagi siswa siswi peserta wisuda pada khususnya dan pada para orang tua, dewan guru, serta adik-adik kelas pada umumnya. Yang mewisuda adalah Kepala UPT Dinas Pendidikan Magelang Selatan, Pengawas TK/SD Dabin IV Kecamatan Magelang Selatan, Lurah Tidar Selatan, Ketua Komite SD Negeri Tidar 5, Kepala Sekolah SD Negeri Tidar 5 serta Wali Kelas VI SD Negeri Tidar 5. 
Kegiatan wisuda siswa kelas VI ini akan dijadikan sebuah kegiatan rutin setiap akhir tahun pelajaran guna memberikan kenangan kepada pada siswa yang telah dengan berhasil melanjutkan pendidikannya ditingkat yang lebih tinggi.. Kegiatan ini akan mengingatkan kepada mereka bahwa mereka dulu pernah mengenyam pendidikan di SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang, sekolah dasar yang letaknya berbatasan dengan Kabupaten Magelang.
Kegiatan ekstrakurikuler yang lain yang diselenggarakan / diadakan guna meningkatkan kreativitas para siswa SD Negeri Tidar 5 dibidang seni adalah kesenian rebana. Kesenian yang bernafaskan Islam ini juga merupakan kegiatan baru dan dilaksanakan secara rutin oleh para siswa di SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang ini. Para siswa dididik dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Di bawah bimbingan guru Pendidikan Agama Islam -Bp. Iskamal & Ibu Parsumi, S.Pd.i dan dibawah asuhan Pelatih Bp. Lilik anak-anak berlatih dengan giat dan gembira.
Kegiatan kesenian rebana ini juga ditampilkan dan dipentaskan oleh anak-anak SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang. Dari pemegang keyboard, sampai dengan trio bass semua dimainkan dengan trampil dan menarik oleh anak-anak ini. Dengan penuh percaya diri anak-anak ini tampil di depan para tamu undangan yang hadir dalam acara wisuda siswa-siswi kelas VI SD Negeri Tidar 5 Kota Magelang ini. Pemain keyboard adalah Bagas Pandu Purnomo Aji. Darah seni memang mengalir pada darah anak ini. Selain bermain keyoard, ia juga telah beberapa kali membawa nama SD Negeri Tidar 5 dalam berbagai event lomba mewakili sekolah dalam lomba Pekan Seni TK dan SD hingga tingkat Kota Magelang. Kepiawaiannya dalam memainkan alat musik, menari dan olah vokal merupakan modal baginya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di atasnya.
Dalam penampilannya di atas pentas wisuda siswa kelas VI, anak-anak memainkan beberapa alat musik rebana seperti bass trio (gendhong), ketipung, rebana & kencring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar